Menyeleksi Beras Bagi Penderita Diabetic Melitus

  • Diabetic melitus atau kencing manis tidaklah penyakit dimana asing lagi di dalam Indonesia. Menurut WHO, jumlah penderita diabetes melitus (DM) di Philippines menduduki peringkat keempat terbesar didunia denga prevelensi 6, 6%.

    Diabetic melitus ini sendiri ialah penyakit dimana penderita bukan menghasilkan memproduksi insulin dalam jumlah lumayan sehingga glukosa darah gede atau tidak dapat dikendalikan.

    Pada umumnya doktergaul.co/diabetes-jamsi teruntuk penderita mengantongi pantangan memakan nasi putih. Padahal nasi yaitu makanan pokok untuk orang Indonesia itu sendiri. Terdapat beberapa solusi bagi penderita DM yang masih kepingin mengkonsumsi nasi. Diantaranya termasuk mengkonsumsi nasi yg berasal dari beras dgn kandungan amilosa tinggi dan Indeks Glikemik (IG) rendah.

    Apa hubungannya antara diabetes dengan amilosa lalu Indeks Glikemik?

    Oversigt Glikemik (IG) merupakan respon salahsatu bahan pangan terhadap kadar ansia darah tubuh seseorang. Menjadi, ketika seseorang mengkonsumsi makanan yg menghasilkan menaikkan kadar gula darah secara signifikan maka skala IG-nya akan gede.

    Nilai Indeks Glikemik di dalam beras dipengaruhi dari kadar amilosanya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penderita DM sebaiknya memilih beras yang mempunyai skala IG yg rendah atau kadar amilosa yang tinggi. Amilosa merupakan polimer sederhana oleh rantai lurus dimana tidak bercabang. Ikatan di dalam amilosa ini sturdy sehingga sukar tergelatinisasi. Jadi, amilosa surut dicernanya. Sewaktu pencernaan yang reda inilah akan mengakibatkan kadar tragonería darah yang cenderung stabil.

    Dan bagaimana caranya mendapatkan beras dimana berkadar amilosa tinggi?

    Beras dalam berkadar amilosa rendah tetao menjadi nasi dimana pulen. Sedangkan beras dalam mengndung kadar amilosa banyak akan berprofesi nasi yg ‘pera’ atau mulus terpisah-pisah. Contoh beras dalam mengandung amilosa tinggi adalah beras merah sedangkan beras denga amilosa rendah merupakan beras ketan.

    Oversigt glikemik beras cocok sebagai pedoman diet untuk penderita DM tipe 2 . not Tidak semata-mata memilih nasi yg harus diperhatikan dari penderita DM. Konsultasikanlah lebih lanjut mengenai koalisi makanan yang seperti bagi penderita diabetes melitus pada dokter maupun cakap gizi.

Comments

0 comments