Memahami Amanat Cerita Warga negara Sangkuriang

  • Indonesia negara yang banyak punya ribuan suku, adat budaya yang beragam, salah satunya yaitu cerita yang sedang berkembang di lingkungan masyarakat suatu daerah. Sebagai contoh salah 1 cerita rakyat dalam sangat terkenal di dalam negeri ini adalah cerita warga negara Sangkuriang. Mitas yang berasal yang tatar Sunda indonesia menceritakan kisah bagaimana mulanya mula terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu dan beberapa gunung dimana mengelilingi Kota Bandung sekarang. Amanat cerita warga negara sangkuriang dapat kamu ambil pelajaran sebagai dapat kamu tiru dari segi positifnya, dan sebaliknya, selaku bahan koreksi tuk kita dari sisi negatifnya.

    Alkisah, di dalam zaman dahulu kala ada adalah raja tatar Sunda yang memiliki adalah putri yang paling cantik bernama Dayang Sumbi. Hal ini karena kecantikan lalu kecerdasannya, existencia menjadi buah bibir dalam kalangan para raja setelah itu Pangeran. Bukan sedikit raja setelah itu pangeran yang online dating menemui raja Sungging Perbakala bagi mempersunting Dayang Sumbi. Terlebih-lebih, ada raja dalam rela berperang bagi persaingan Dayang Sumbi.

    http://kejarcitamu.com/amanat-cerita-rakyat-sangkuriang/ resah mencermati semua ini. Lagi pula ia belum kepingin menikah dengan siapa pun. Rato memilih untuk pergi ke tempat sunyi untuk menenangkan data. Raja jua membuatkan pondok kecil dalam tepi hutan. Dayang Sumbi perlu di sana in temani dengan seekor anjing jantan bernama Tumang. Hari-hari Dayang Sumbi dihabiskan untuk menenun.

    Menenun merupakan kegiatan yang sangat di sukai Dayang Sumbi. Di seorang hari, salah satu alat tenunnya jatuh setelah itu menggelinding pergi dari pondok. Dayang Sumbi lagi malas untuk mengambilnya, di dalam juga berkata, siapa saja yang hendak mengambilkan pri tenunnya untuknya, maka akan dibagikan imbalan. Apabila existencia perempuan, tetao dijadikannya orang. Jika existencia laki-laki dia maka akan menjadikannya suami Dayang Sumbi. Dayang Sumbi pun menanti. Lalu datanglah evidentemente Tumang, anjing jantan yang setia. Tumang membawakan pri tenun Dayang Sumbi yang terjatuh tadi. Dikarenakan sudah berjanji, Dayang sumbi pun menikah dengan même si Tumang. Mereka dikaruniai seorang anak yang di beri sebutan Sangkuriang.

    Sangkuriang semakin menjadi putri laki-laki dalam tangguh. Sangkuriang \ pernah tahu jika Tumang yaitu ayahnya. Waktu mereka sedang berburu in hutan setelah itu Tumang membikin kesal Sangkuriang, Sangkuriang tega membunuh Tumang, mengambil hatinya, lalu membawakannya kepada ibunya. Dayang Sumbi terkejut mengecek Sangkuriang pulang sendirian. Vida menanyakan di dimana Tumang ada. Tanpa rasa bersalah, Sangkuriang berkata yakni Tumang sudah mati di dalam bunuhnya. Dayang Sumbi marah gede. Sangkuriang dipukul kepalanya, dan di usirnya untuk pondok kawasan tinggalnya.

    Sangkuriang pergi berkelana dan mendapatkan ilmu. Kaga tau sudah berapa sekarang dia berkelana yang barat ke timur, lalu untuk timur ke barat. Maka dia pun tiba kembali dalam pondok Dayang Sumbi yang sudah \ dikenalinya. Sangkuriang mengetuk pintu, dan mendapatinya adalah perempuan cantik menetap di rica. Dayang Sumbi yang awet muda juga terpesona menengok ketampanan Sangkuriang yang telah cukup umur, Mereka serupa sekali tak saling mengenali. Merekapun saling jatuh película.

Comments

0 comments